Jumat, 23 Agustus 2019

Konformasi struktur persenyawaan kimia organik


Kembali lagi bersama saya setelah sekian lama vakum menulis di blog. Nah pada blog kali ini kita akan membahas tentang kimia organik tingkat tinggi yaitu kimia organik III. Materi yang akan dibahas pada kali ini adalah tentang Konformasi struktur persenyawaan kimia organik. 

sebagaimana kita ketahui ada dua kelas utama isomer yaitu isomer konstitusional dan stereoisomer. yang kita tahu bahwa isomer itu merupakan senyawa yang berbeda dengan rumus molekul yang sama. 
isomer konstitusional/struktural memiliki nama IUPAC yang berbeda, kelompok fungsional yang sama atau berbeda, sifat fisik dan kimia yang berbeda. 

selanjutnya kita harus mengetahui apa itu konformasi. Konformasi adalah pengaturan ruang antar molekul yang berbeda yang dihasilkan oleh rotasi tentang ikatan tumggal. 
Konformasi dapat juga dikatakan sebagai bentuk molekul sesaat yaitu hanya sementara yang disebabkan akibat dari terjadinya rotasi ikatan tunggal. Konformasi ini dapat juga kita nyatakan dalam bentuk konformasi newman, fischer dan bola pasak.

Terdapat 3 jenis konformasi isomer yaitu :
  • Eklips
  • Gausch
  • Staggered
1. Eklips
 Eklips merupakan sebuah konformasi yang dikatakan sebagai konformasi yang paling tidak stabil karena ada yang sejenis yang berdekatan sehingga terjadi sebuah tolakan elektron yang dihasilkan sangat begitu besar. Eklips ini dapat menjadi stabil dengan berotasi menjadi Gausch dan Staggered.
 
2. Gausch
 Gausch merupak sebuah konformasi dengan mempunyai gugus-gugus yang saling berjauhan dikarenakan pada konformasi ini gugus-gugusnya mengalami rotasi sehingga letaknya saling berjauhan.
 
3. Staggered
 Konformasi ini merupakan konformasi yang paling stabil. kenapa? karena pada konformasi ini gugus-gugus prioritasnya saling bersebrangan, dikarenakan hal inilah mengapa tolakan yang dihasilkan juga begitu kecil.
Analisis konformasi alkana rantai lurus 

  • Analisis konformasi adalah studi tentang bagaimana faktor konformasi itu sendiri mempengaruhi struktur molekul dan sifat-sifatnya
  • Rotasi tentang ikatan tunggal menghasilkan isomer yang berbeda dalam konformasi
  • Konformer itu sendiri memiliki koneksi yang sama, interconvert dengan cepat, sehingga tidak dapat diisolasi.
  • Dapat direpresentasikan dalam 2 cara yaitu saw horse dan proyeksi newman 


Konformasi pada Etana CH
Pada etana ada dua isomer konformasi. Yang pertama itu bentuk eclipsed dan yang kedua bentuk staggered. perbedaan keduanya ini adalah terletak pada letak atom hidrogennya. 
 Konformasi pada n-Butana
  • pertimbangkan dua atom karbon pusat dalam molekul
  • konformer yang berbeda dapat dibentuk
  • 60 ̊ rotasi sepanjang ikatan C-C 
    contoh sederhana yaitu terlihat pada molekul butana yang menggunakan proyeksi newman seperti pada gambar dibawah ini. Rotamer adalah konformer yang berbeda hanya pada rotasi.


 Pada blog kali ini intinya semuanya ingin stabil sehingga untuk mendapatkan kestabilan tersebut makanya ada yang namanya rotasi, yang dimulai dari konformasi Eklips, dikarenakan jika tidak ada konformasi ini kita tidak akan tau letak daripada gugus prioritasnya.

Permasalahan :
1. Menurut anda apakah harus suatu molekul itu mengalami konformasi?
2. Jelaskan menurut pendapat anda mengapa konformasi eclips dikatakan sbg konformasi paling tidak stabil sedangkan konformasi staggered itu paling stabil?
3. Apa yang anda ketahui tentang konformasi struktur?

3 komentar:

  1. assalamualaikum Ira,
    Saya Muhammad Habib dengan NIM A1C117012 ingin menjawab permasalahan nomor 1.
    yang mana menurut saya, apakah harus molekul itu mengalami konformasi? bagi saya itu perlu karena tujuan utama dari koformasi itu sendiri yaitu untuk mendapatkan kestabilan dan kecilnya energi tolakan yang dihasilkan dari molekul tersebut. karena jika tidak mengalami konformasi, molekul tersebut cenderung tidak mendapatkan kondisi yang stabil dan malah energi tolakan yang besar.
    namun, jika molekul tersebut sudah berada dalam posisi yang stabil, saya kira tidak perlu lagi melakukan konformasi
    demikian jawaban saya, semoga membantu...

    BalasHapus
  2. Halo iraa..
    Saya akan membantu menjawab pertanyaan no.3
    Dari berbagai sumber yang telah saya baca, secara singkat konformasi struktur adalah suatu penataan ruang tertentu dari struktur yang terbetuk dari atom atom pada sebuah molekul. Atau konformasi juga bisa kita sebut sebagai “bentuk”.
    Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Hallo ira
    Saya Yuli Pertiwi
    NIM A1C117020
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 2
    Ketidakstabilan konformasi eklips dikarenakan posisi spesies yang sejenis berdampingan yang menyebabkan akan sangat besarnya tolakan dari elektron yang dihasilkan. Sedangkan pada konformasi steggered memilki gugus prioritas atau gugus utama yang saling bersebrangan. Gugus prioritas yang saling bersebrangan menyebabkan kecilnya energi tolakan dari elektron yang dihasilkan. Hal inilah yang menyebabkan konformasi steggered menjadi konformasi yang paling stabil.
    Terimakasih

    BalasHapus

Jawaban UAS Kimia Organik II

Untuk soal no 1 Untuk soal no 2