Rabu, 25 September 2019

Senyawa Poliena & Zat Warna

Senyawa Poliena & Zat Warna

Senyawa Poliena adalah salah satu senyawa organik tak jenuh yang didalamnya terdapat tiga ikatan karbon baik ganda maupun tunggal. ikatan karbon yang terdapat didalam senyawa poliena ini saling berhubungan yang dikenal dengan nama "konjugasi", nah dari hasil konjugasi inilah dapat menciptakan sifat-sifat tertentu. 
Poliena banyak digunakan sebagai antibiotik dalam kehidupan kita misalnya : amfoterisin B, nistatin, kandisin, pimarin, metil partrikin, dan trikomisin. 

Jika kita mengamati tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita, memiliki warna yang beraneka ragam.  
Gambar diatas merupakan peran dari poliena yang memberikan warna pada tomat. Warna yang dihasilkan oleh poliena ini adalah warna merah. Poliena ada juga yang memiliki warna cerah. bagaimana hal ini bisa terjadi ?
Hal ini terjadi karena adanya sebuah penyerapan oleh alkena, penyerapan nya ini terjadi pada daerah ultraviolet suatu spektrum akan tetapi dikarenakan poliena ini banyak ikatan rangkap terkonjugasi sehingga poliena dan alkena ini berada pada suatu spektrum yang terlihat, maka hal ini lah yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari seperti warna orange pada wortel, warna merah pada tomat dan lain-lain. 

Dibawah ini merupakan senyawa-senyawa poliena yang terdapat dalam kehidupan kita sehari-hari.
1. Amphotericin B

Senyawa ini berperan sebagai obat anti jamur yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur berat dan leismaniasis. Amfoterisin B efektif untuk mengobati infeksi jamur seperti aspergilosis, blastomikosis, kandidiasis, koksidioidomikosis, dan kriptokokosis. 

2.  Leukotriene
Senyawa ini berperan didalam tubuh manusia sebagai pengatur respon imun, tubuh kita sangat membutuhkan leukotrine ini.

3. Retina
Senyawa ini digunakan sebagai penglihatan baik manusia maupun hewan. Peran retina ini sangat penting didalam indera penglihatan kita.

4. Beta-karoten
ini merupakan yang paling dapat kita lihat dalam kehidupan kita. Beta karoten ini adalah sebuah pigmen atau zat warna yang melimpah didalam tanaman dan buah-buahan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti gambar yang sudah saya contohkan diatas.

5. Polyacetylenes
merupakan suatu senyawa yang memiliki sifat unik yaitu dapat menunjukkan sifat logam pada suatu oksidasi.

Permasalahan :
  1. Dari penjelasan yang telah dijelaskan mengenai poliena dan zat warna dapat kita ketahui bahwa poliena dan zat warna ini memiliki kegunaan yang sangat berperan dalam kehidupan kita, lalu apakah peran dari senyawa poliena dan zat warna ini dapat digantikan dengan senyawa yang lain?
  2. Bagaimanakah cara kita dapat menentukan suatu senyawa poliena berdasarkan strukturnya ?
  3. Telah dijelaskan diatas bahwa senyawa poliena memiliki fungsi yang penting. Bisakah anda memberikan senyawa poliena yang lain yang memiliki fungsi tidak kalah penting selain senyawa yang sudah saya sebutkan diatas?


3 komentar:

  1. Halo ira!
    Baiklah saya infirna dengan nim A1C117008 saya akan mencoba menjawab permasalahan no.3 selain beberapa senyawa yang di jelaskan pada blog anda, ada juga senyawa trans lycopene, dimana senyawa trans lycopene ini yang dapat memberikan warna pada tomat yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari kita, sebagai sayur sayuran dan untuk kesehatan mata kita juga.

    BalasHapus
  2. Nama:Maratul hasanati (A1C117032)(1)
    peran dari senyawa poliena dan zat warna ini tidak dapat digantikan dengan senyawa lain karena senyawa dan zat ini memiliki peranan tersendiri berdasarkan kandungan yang terdapat pada senyawa dan zatnya.

    BalasHapus
  3. Saya Lara (A1C117062)
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 2.
    Poliena ini merupakan senyawa yang tersusun atas paling sedikit tiga atom karbon yang terdiri dari ikatan rangkap dan ikatan tunggal. Poliena ini termasuk ke dalam kelompok senyawa organik tak jenuh. Poliena ini terdiri dari ikatan rangkap yang saling berhubungan dalam suatu proses yang disebut dengan proses konjugasi. Dimana proses konjugasi ini akan menyebabkan munculnya sifat optik yang tidak biasa.

    BalasHapus

Jawaban UAS Kimia Organik II

Untuk soal no 1 Untuk soal no 2