Rabu, 09 Oktober 2019

Senyawa poliena dan zat warna serta kaitannya dengan spektro UV-Vis

Kembali lagi bersama saya. Pada materi kali ini saya akan menjelaskan mengenai zat warna dan kaitannya dengan spektro UV-Vis.

Sebagaimana kita ketahui spektro uv-vis sebagai alat untuk  mengukur energi cahaya secara relatif sehingga jika energi tersebut ditransferkan, direfleksikan atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang. Selain itu spektrofotometer Uv-vis merupakan spektrofotometer yang digunakan untuk pengukuran didaerah ultra violet dan didaerah tampak. Sehingga cahaya yang terlihat bisa terlihat.

Selain cahaya yang dapat terlihat spektrofotometer Uv-vis ini merupakan sebuah alat yang didalamnya terdapat sumber cahaya, cahaya yang terdapat didalam alat tersebut yaitu ultraviolet (UV) dan Visible (Vis). Pada kedua cahaya ini dia dapat menangkap semua objek, akan tetapi dengan panjang gelombang yang berbeda. 


Dibawah ini merupakan alat spektrofotometer Uv-vis
Yang harus kita ketahui bahwa ultraviolet memiliki 2 rentang panjang gelombang yaitu ultraviolet jauh dan ultraviolet dekat. Ultraviolet jauh memiliki rentang panjang gelombang kurang lebih 10-200 nm, sedangkan yang dekat memiliki rentang panjang gelombang kurang lebih 200-400 nm. Cahaya yang sering kita dengar dengan cahaya ultraviolet tidak bisa dilihat oleh manusia akan tetapi bisa dilihat oleh sebagian hewan seperti burung, reptil, dan sebagian serangga.

Permasalahan :
1. Kita mengetahui bahwa terdapat 2 tipe instrumen spektrofotometer Uv-Vis, yaitu single beam dan double beam, menurut anda diantara 2 instrumen ini manakah yang lebih baik? Single beam atau double beam?
2. Bagaimana jika spektrofotometer Uv-Vis yang digunakan sebagai alat atau instrumen untuk mengukur cahaya yang tampak, lalu apakah alat ini dapat digantikan dengan alat yang lain?
3. Sinar ultraviolet ada yang memiliki rentang panjang gelombang jauh dan rentang panjang gelombang dekat, bisakah anda menjelaskan mengenai perbedaan kedua rentang panjang gelombang tersebut apa pengaruhnya terhadap cahaya

3 komentar:

  1. Hallo ira..
    Saya Akan mencoba menjawab permaslaahan yang nomor 1. Jadi menurut Saya yang lebih baik digunakan itu adalah single beam, mengapa single beam karena dalam single beam ini memiliki keistimewaan dibanding dengan double beam, keistimewaan dari single beam ini adalah memiliki kualitas yang baik, dimana Alat ini merupakan alat yang sederhana karna memiliki harga yang cukup relatif murah, jika sautu harga yang digunakan relatif murah maka Akan mengurangi pengeluaran biaya.
    Semoga membantu 🙏

    BalasHapus
  2. Haii ira
    Saya akan mencoba jawab permasalahan ada no 3
    Rentang panjang gelombang jauh kurang lebih 10-200nm
    Sedangkan rentang panjang gelombang dekat kurang lebih 200-400nm.
    Pengaruhnya pada cahaya ialah bisa tidaknya dilihat oleh mahluk hidup. Untuk manusia tidak bisa dilihat, tapi cahaya atau sinar tersebut bisa dilihat oleh hewan seperti burung, reptil dan serangga.

    BalasHapus
  3. Saya Ariyansyah
    NIM A1C117050
    Saya akan mencoba membantu pertanyaan no 2,
    Menurut pendapat saya bisa, yaitu digantikan dengan Spetrometri Serapan Atom (SSA)

    BalasHapus

Jawaban UAS Kimia Organik II

Untuk soal no 1 Untuk soal no 2