Selasa, 15 Oktober 2019

Biomolekul Protein dimetabolisme oleh tubuh





Pada blog kali ini akan dibahas mengenai protein yang dimetabolisme oleh tubuh, sebagaimana kita ketahui protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita. Untuk lebih lanjutnya simak penjelasan dibawah ini.
Protein merupakan sebuah polimer yang komponen-komponennya terdiri dari asam-asam amino. Yang pastinya dihubungkan oleh ikatan peptida. Maka dari itulah protein ini dapat disebut dengan polipeptida.


Reaksi yang terjadi pada asam amino adalah pembentukan ikatan peptida. Ikatan ini dua molekul asam amino dapat berikatan dengan ikatan peptida yaitu pelepasan 1 molekul air antara gugus amino dari satu asam amino dengan gugus karboksil dari asam amino yang lain.
Pada 2 asam amino yang terbentuk melalui ikatan peptida disebut dipeptida. Sehingga protein yang terbentuk itu diperoleh dari ikatan dipeptida yang mengikat asam amino lain sehingga terbentuk polipeptida (protein).
Tidak hanya karbohidrat saja yang penting bagi tubuh kita, protein juga tidak kalah pentingnya. Didalam tubuh kita ini protein ini memiliki manfaat yang sangat besar yaitu berfungsi sebagai zat pembangun, pengatur, pertahanan, dan fungsinya sebagai sumber energi juga setelah karbohidrat dan lemak.
Sumber protein itu ada 2 yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani seperti yang terdapat pada hewan yaitu : daging, ikan, telur, susu dan keju. Sedangkan protein nabati seperti : kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum.

Lalu bagaimanakah metabolisme protein didalam tubuh kita?
Tubuh kita mengonsumsi protein baik itu protein hewani dan nabati. Pada saat tubuh mengonsumsi protein, sehingga adanya protein yang masuk ke dalam tubuh. Pertama sekali protein dirubah menjadi asam amino dengan adanya sebuah reaksi yang berlangsung yaitu reaksi hidrolisis dan juga bantuan dari enzim-enzim didalam tubuh. Enzim yang terdapat pada proses hidrolisis protein seperti enzim pepsin,tripsin,kemotripsin, karboksi peptidase, dan amino peptidase. Selanjutnya protein yang telah menjadi asam amino diabsorpsi melalui dinding usus halus dan sampai ke pembuluh darah kita. Kemudian setelah itu asam amino tersebut dapat digunakan oleh jaringan yang ada ditubuh kita. Sisanya mengalami proses pelepasan gugus yang mengandung Nitrogen yang terdapat dihati kita. Proses pelepasan gugus amino ini yang dikenal dengan deaminati protein. Dikarenakan protein tidak dapat disimpan lama didalam tubuh kita, sehingga kelebihan protein akan dibuang atau diubah menjadi zat lain. Zat sisa hasil penguraian yang ada kandungan nitrogen yang ada didalamnya akan dibuang bersama air seni dan zat sisa yang tidak mengandung nitrogen akan diubah menjadi karbohidrat dan lemak. Kemudian oksidasi 1 gram protein dapat menghasilkan energi 4 kalori. Kelebihan protein dalam tubuh dapat mengakibatkan pembekakan hati dan ginjal karena beban kerja organ-organ tersebut lebih berat dalam menguraikan protein dan mengeluarkannya melalui air seni dan dalam bentuk gas.

Permasalahan :
1. Protein biasanya terdapat dalam telur, bisa kah anda jelaskan bagian telur yang mana yang kaya akan protein dan bermanfaat bagi tubuh?
2. Sebagaimana kita ketahui bahwa protein ini kaya akan zat gizi sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh, lalu bagaimana bisa terjadi setelah kita memakan telur bau gas yang kita keluarkan itu bau telur?
3. Menurut anda apakah protein ini dapat digantikan dengan karbohidrat bagi tubuh?

3 komentar:

  1. Saya M.Raidil
    Nim A1C117006
    Akan coba membantu menjawab permasalahan yang ketiga, menurut saya protein dapat digantikan oleh karbohidrat, akan tetapi akibatnya akan terjadi beberapa masalah yang buruk pada tubuh kita jika kita terlalu banyak kekurangan karbohidrat. Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. No. 2
    Jika kita mengonsumsi protein berlebih salah satunya telur mengapa kentut kita bisa bau. Sebelumnya dalampenelitiannya rata-rata orang menghasilkan 1,5 liter gas per hari atau 10-20 kali kentut. Biasanya kentut ini mengandung gas yang tak berbau karena mengandung hidrogen, karbondioksida, metana, oksigen dan nitrogen.
    Mengapa ketika mengonsumsi telur rebus dapat lebih bau. Itu terjadi karena usus kita memproduksi 7 kali lipat gas yang bau hasil dari gas hidrogen sulfida.

    BalasHapus
  3. Saya Enung (A1C117056)
    No.1 pada telur mengandung protein yang sangat bagus untuk tubuh misalnya pada kuning telur yang mengandung koliena yang dibutuhkan otak dan jantung karna koliena ini penyusun dari vitamin B kompleks. Dan untuk putih telur kaya akan albumin yang dibutuhkan dalam pembentukan otot .
    Untuk kadar protein pada telur berkisar 6-7 gram, jika satu yelur mengandung 7 gram protein makan 4 gramnya protein pada putih telur dan 3 gramnya pada kuning telur.

    BalasHapus

Jawaban UAS Kimia Organik II

Untuk soal no 1 Untuk soal no 2