Kamis, 17 Oktober 2019

Karakteristik senyawa organik bahan alam

Pada blog kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik senyawa organik bahan alam. dari judulnya saja sudah dapat kita ketahui bahwa kita akan membahas yang berkaitan dengan senyawa bahan alam.
materi tentang senyawa bahan alam sebenarnya dapat kita perdalam ilmu nya di mata kuliah kimia bahan alam, yang dapat menjelaskan dan lebih menjabarkan tentang kimia bahan alam itu sendiri.
Senyawa organik bahan alam terdiri dari metabolit primer dan metabolit sekunder. Sebagaimana kita ketahui metabolit merupakan hasil dari proses metabolisme. Yang membedakan produk metabolisme primer dan sekunder adalah kalau metabolit primer produknya sama untuk semua organisme sedangkan metabolit sekunder bergantung pada spesies.

Pada blog kali ini saya akan membahas mengenai contoh dari senyawa metabolit sekunder yaitu steroid. Contoh senyawa metabolit sekunder yang tidak kalah pentingnya adalah steroid. Steroid bisa kita jumpai dalam kehidupan kita yaitu terletak atau tersimpan dalam jaringan tumbuhan dan hewan.

Steroid ini banyak terdapat pada hormon didalam tubuh kita.
Pada Gambar tersebut diatas telah dijelaskan struktur dari steroid. Karakteristik dari steroid ini yaitu jika dilihat pada struktur tersebut pada cincin no 1 dan 2 terdapat alkil yang berfungsi sebagai aktivitas anabolik. pada cincin no. 3 terdapat gugus keton dan adanya ikatan rangkap C4,5 yang berfungsi sebagai aktivitas androgenik. pada cincin no 7 yaitu mendukung aktivitas anabolik pada posisi ini juga berfungsi sebagai aktivitas androgenik. Begitu juga dengan cincin no 17 sebagai aktivitas anabolik terjadi. pada cincin no 17 ini juga terdapat gugus OH yang memiliki fungsi yaitu sebagai aktivitas androgenik, tempat terjadi oksidasi dan reduksi aktivitas androgenik dan juga bisa sebagai esterifikasi untuk aktivitas anabolik, sedangkan pada no 19 yaitu terjadinya reduksi aktivitas androgenik.

Gambar diatas merupakan struktur dasar dari senyawa steroid.
Dibawah ini merupakan kelompok senyawa steroid

  • Sterol
  • Asam-asam empedu
  • Hormon seks
  • Hormon adrenokortikoid
  • Aglikon kardiak
  • Sapogenin
dibawah ini merupakan salah satu struktur steroid yang terdapat didalam hormon tubuh kita, saya mencontohkan yaitu testosteron.
Gambar diatas merupakan struktur hormon testosteron yang terdapat pada manusia. Rumus umumnya yaitu  C19H28O2. untuk lebih detailnya simak gambar dibawah ini


Berbeda hal nya dengan terpenoid, steroid berasal dari triterpenoid. Perbedaan sumber steroid pada jaringan hewan dan tumbuhan yaitu, kalau jaringan hewan berasal dari triterpenoid lanosterol sedangkan pada jaringan tumbuhan berasal dari triterpenoid sikloartenol.

Dibawah ini merupakan jenis-jenis hidrokarbon induk dari steroid :




Permasalahan :
1. Sebagaimana kita ketahui bahwa terpenoid memiliki kelompok kelompok yang jumlah atom karbon penyusunnya tersusun atas kelipatan 5. Bisakah anda jelaskan mengapa penyusun kelompok terpenoid ini terdiri dari atom karbon kelipatan 5?
2. Senyawa organik bahan alam memiliki fungsi tersendiri memiliki sifat dan keunikan masing-masing. Lalu apakah peran senyawa bahan alam ini dapat digantikan dengan senyawa yang lain?
3. Bisakah anda menjelaskan keunikan dari sifat senyawa organik bahan alam yang tidak dimiliki oleh senyawa lainnya.

3 komentar:

  1. Hai Ira..
    saya akan membantu manjawab permasalahan nomor 3, kita ketahui bahwa senyawa bahan alam sangat berperan didalam kehidupan. Senyawa ini pun mempunyai keunikan yaitu senyawa bahan alam ini dapat menyelamatkan jutaan nyawa manusia dari berbagai penyakit serta infeksi yang tidak semua senyawa dapat melakukannya.

    BalasHapus
  2. 2.) Ada beberapa peranan dari senyawa bahan alam ini yang dapat digantikan dengan senyawa yang lain contohnya seperti Flavonoid, nah flavonoid ini kan mirip dengan antioksidan jadi kita bisa menggunakan antioksidan untuk menggantikan peranan dari flavonoid yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita seperti dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

    BalasHapus
  3. Baik saya Regina Theresya Purba dengan NIM A1C117060 akan mencoba menjawab permasalahan nomor satu
    Jadi, mengapa penyusun kelompok terpenoid ini terdiri dari atom karbon kelipatan 5 yaitu golongan hidrokarbon yang banyak dihasilkan oleh tumbuhan dan juga sekelompok hewan dan memiliki rumus empiris (C5H8)n.Artinya rumus perbandingan terkecil atom-atom dari senyawa terpenoid,dimana atom C nya adalah kelipatan 5.

    BalasHapus

Jawaban UAS Kimia Organik II

Untuk soal no 1 Untuk soal no 2